Rekomendasi Drama Jepang

Hello!!! Apa kabar?

Kali ini saya akan memberikan rekomendasi drama Jepang untuk kalian. Menurut saya, drama Jepang itu cukup berbeda dengan drama-drama lainnya. Selain memberikan hiburan, drama Jepang juga memberikan kita pengajaran. Mulai dari pengajaran tentang kehidupan, kesehatan, dll. Oke, langsung saja kita simak rekomendasi drama Jepang berikut ini...!


1. One Litre Of Tears (2005)

(sumber: en.wikipedia.org)

Drama ini diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang gadis berusia 15 tahun bernama Kitou Aya yang menderita sebuah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun masih dapat hidup sepenuhnya sampai akhirnya Aya meninggal di usia 25 tahun. Naskah drama ini didasarkan pada buku harian/diary yang terus ditulis oleh Aya sampai ia tidak bisa lagi memegang sebuah pulpen. Kisah ini lalu diangkat kedalam sebuah buku yang berjudul "One Litre Of Tears" yang terjual lebih dari 1.1 juta cetakan di Jepang sendiri.

SINOPSIS:
Ikeuchi Aya (15) merupakan seorang gadis biasa yang baru saja masuk SMA dan merupakan anak perempuan dari keluarga yang membuka sebuah toko tahu. Seiring berjalannya waktu, hal-hal yang tidak biasa terjadi pada Aya. Aya jadi sering terjatuh dan gaya jalannya pun menjadi aneh. Shioka (ibunya Aya), membawa Aya ke dokter untuk memeriksakan kondisi Aya. Kemudian dokter itu memberitahu Shioka bahwa Aya terkena penyakit Spinocerebellar Degeneration, yaitu penyakit langka dimana fungsi dari otak kecil perlahan-lahan mulai memburuk. Penyakit ini menyebabkan penderitanya menjadi tidak bisa berjalan, berbicara, menulis, ataupun makan. (sumber: en.wikipedia.org)

  • Genre                     : Drama, School, Romance, Tragedy
  • Negara asal             : Jepang
  • Bahasa                   : Jepang
  • Jumlah. Episode      : 11
  • Theme Song            : Only Human 

Skor (versi saya) : 9,80 / 10,0


tambahan:
Drama ini pernah dibuat dalam versi Indonesia dengan judul Buku Harian Nayla.

Kesan: Setiap kali menyaksikan drama ini, entah kenapa saya menjadi sangat terinspirasi oleh sosok seorang Aya. Drama ini mengajarkan kita tentang betapa berharganya hidup itu. Kita tidak boleh mudah putus asa, kita harus selalu semangat menjalani hidup meskipun terasa amat sulit. Selain memusatkan pada perjuangan Aya dalam menghadapi penyakitnya, drama ini juga memfokuskan pada kehangatan dalam keluarga Aya. Oleh karena itu, drama ini sangat direkomendasikan untuk kalian.

2. Great Teacher Onizuka [remake] (2012)

(sumber: asianwiki.com)

Drama ini bercerita tentang seorang guru genit dan ceroboh yang bernama Eikichi Onizuka. Onizuka merupakan mantan pemimpin geng motor yang paling ditakuti, bahkan dia mendapat julukan Onibaku (setan ledakan). Sebelum menjadi guru, Onizuka hanyalah seorang tukang kebun di sekolah tempat ia mengajar (Meishu Gakuen). Onizuka ditugaskan sebagai wali kelas 2.4, kelas yang dikenal paling susah untuk diatur di Meishu Gakuen. Perlahan namun pasti, Onizuka berhasil mendapatkan hati dari murid-murid di kelas 2.4 dan dapat merubah sikap mereka menjadi lebih baik, tentunya ia melakukannya dengan caranya sendiri.

  • Genre                   : School, human drama, comedy, shounen 
  • Nama lain             : GTO
  • Jumlah episode      : 11 + 1 special
  • Negara asal           : Jepang
  • Bahasa                  : Jepang
  • Theme song          : 24karats TRIBE OF GOLD by EXILE TRIBE
Skor (versi saya) : 9,50 / 10,0

Kesan: Drama ini memang sangat mendidik, namun ada beberapa adegan yang masih belum pantas untuk ditonton oleh anak-anak. Setelah menonton drama ini, entah kenapa saya jadi punya keinginan untuk menjadi guru sekaligus teman bagi para murid saya dan dapat menyelesaikan semua permasalahan yang dialami oleh murid saya nantinya :D.

3. Hanazakari no Kimitachi E (2007)

(sumber: wiki.d-addicts.com)

Drama ini diadopsi dari sebuah komik populer berjudul sama karya Nakajo Hisaya. Horikita Maki memainkan peran sebagai Ashiya Mizuki, seorang gadis Jepang yang tinggal di Amerika yang pada suatu hari menyaksikan seorang atlit lompat tinggi muda, Sano Izumi di tv. Semenjak menyaksikan aksi Sano, Mizuki mulai mengidolakannya. Pada suatu hari, ketika berada di Amerika, Sano mengalami cedera ketika berusaha menyelamatkan Mizuki dari beberapa anggota geng yang ingin menculik Mizuki. Semenjak itu, Sano me
mutuskan untuk tidak akan pernah melompat lagi, meskipun ia sudah pulih dari cederanya. Mizuki menyalahkan dirinya sendiri atas kejadian tersebut dan dia memutuskan untuk pergi ke Jepang meskipun ia keinginannya tersebut sempat ditentang oleh Ayahnya. Dia berangkat ke Jepang dengan tujuan untuk mengembalikan kegembiraan Sano dan membantu Sano untuk menemukan kembali kecintaannya terhadap lompat tinggi.

Sano Izumi bersekolah di sekolah khusus laki-laki,Ohsaka Gakuen.Oleh karena itu Mizuki menyamar dan mengaku dirinya adalah seorang lelaki untuk dapat masuk ke sekolah tersebut agar dapat bertemu kembali dengan Sano. Di sekolah tersebut Mizuki berbagai mengalami hal konyol. Sano sendiri mengetahui fakta sesungguhnya mengenai Mizuki ketika kakak Mizuki datang ke Jepang. Sano menyembunyikan fakta bahwa ia mengetahui jenis kelamin Mizuki yang sesungguhnya, jadi Mizuki tidak harus kembali ke Amerika. Sano yang makin dekat dengan Mizuki, akhirnya mencoba untuk dapat melompat tinggi lagi. (sumber: en.wikipedia.org)

  • Genre                        : School, Romance, Comedy, Romantic Comedy
  • Opening theme           : Ikenai Taiyou by Orange Range
  • Closing theme            : Peach by Ai Otsuka
  • Negara asal                : Jepang
  • Bahasa                       : Jepang
  • Jumlah episode           : 12 + 1 special
Skor (versi saya) : 9,75 / 10,0

Kesan: Drama ini menurut saya merupakan salah satu drama komedi terbaik sampai saat ini. Tingkah laku para tokoh yang gak tau malu, polos, dan konyol berhasil membuat saya ketawa (saya termasuk orang yang tidak mudah tertawa). Drama ini mengajarkan kita tentang pentingnya kesetiakawanan dan kekompakkan. Bagian dalam drama ini yang paling tidak saya sukai adalah ketika Sano nyi*m Mizuki, kadang kalau pas lihat sering agak kecewa dan sakit hati gitu... secara kan saya lumayan suka sama si pemain tokoh Mizuki itu. 

4. Miss Pilot (2013)

(sumber: asianwiki.com)


Orang tua Tezuka Haru (Horikita Maki) menjalankan sebuah bar di Kamata, Tokyo. Haru merupakan orang yang jujur dan ceria. Tapi dia tidak pandai dalam berbohong, hal ini menyebabkan dia seringkali mendapatkan masalah. Haru mendapati kesulitan dalam mendapat pekerjaan. Setiap dia mengajukan sebuah lamaran kerja, dia selalu gagal. Ketika ia mengunjungi sebuah tempat yang menginformasikan tentang lowongan kerja, dia mendapatkan sebuah informasi lowongan pekerjaan dari maskapai penerbangan ANA (All Nippon Airways) untuk menjadi pilot. Haru yang tidak pernah berpikir untuk untuk bekerja di industri penerbangan, memutuskan untuk menjalani tes di perusahaan penerbangan tersebut. (sumber: en.wikipedia.org)

  • Genre                           : Romance, Airline
  • Negara asal                   : Jepang
  • Bahasa                         : Jepang
  • Opening theme              : Everyday hero by kaho
  • Jumlah episode              : 11   

Skor (versi saya): 9,50 / 10,0

Kesan: Buat kalian yang ingin menjadi pilot dan ingin bekerja di industri penerbangan, drama ini sangat direkomendasikan untuk kalian. Meskipun tidak terlalu memberikan detail tentang dunia penerbangan, drama ini sudah cukup memberikan informasi dan gambaran umum tentang resiko dan tanggungjawab ketika berada di dunia penerbangan.

5. My Boss My Hero (2006)

(sumber: wiki.d-addicts.com)

Drama ini bercerita tentang seorang calon pewaris tahta geng yakuza berusia 27 tahun yang bernama Sakaki Makio (Nagase Tomoya) yang kembali masuk ke sekolah setelah menggagalkan bisnis besar geng ayahnya karena tidak pandai dalam berhitung. Oleh karena itu, ayah Sakaki kembali memasukkannya ke SMA yang dipimpin oleh teman ayah Sakaki. Agar bisa menjadi pewaris tahta gengnya, dia harus menamatkan sekolah SMA nya dengan salah satu syaratnya dia tidak boleh terlibat dalam perkelahian. Untuk itu, Sakaki harus menyamar sebagai anak 17 tahun dan meninggalkan kebiasaan sehari-harinya yang buruk. Pada awalnya dia amat kesusahan. Dia juga sempat dicap sebagai orang paling bodoh di sekolah tersebut oleh teman-temannya sendiri. Namun, semenjak ia kenal dengan Sakurakoji (Tegoshi Yuya) dan Hikari (Aragaki Yui), perempuan yang disukainya, dia perlahan-lahan mulai berubah.

  • Genre                                    : School, Comedy
  • Theme song                           : Sorafune by TOKIO
  • Negara asal                            : Jepang
  • Bahasa                                  : Jepang
  • Jumlah episode                       : 10
Skor (versi saya): 9,00 / 10,0

Kesan: Drama ini mengajarkan kita tentang betapa pentingnya pendidikan dan juga memberitahu kita agar memanfaatkan masa muda kita dengan sebaik mungkin. Drama ini cukup menghibur, karena tingkah laku Sakaki yang begitu unik dan cenderung aneh. Sebenarnya ketika nonton drama ini, saya tidak terlalu fokus ke jalan ceritanya, tapi saya fokus ke komedi yang dihadirkan dan juga ke pemeran tokoh Hikari nya..... heheheh.... :D :3


Demikian beberapa rekomendasi drama Jepang nya. Maaf baru bisa ngasih 5, karena waktu yang cukup terbatas. Nanti akan diusahakan untuk ditambah lagi di lain waktu. Maaf juga kalau misalnya sinopsis nya kurang jelas, ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang cocok, salah-salah tulis, dan berbagai jenis kesalahan lainnya. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini (^_^)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terima kasih banyak:
1) Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa dan Maha Kuasa.
2) Kedua orang tua saya.
3) Google.
4) Wikipedia english
5) Youtube
6) wiki.d-addicts.com
7) asianwiki.com

Komentar

Postingan Populer