Rekomendasi 5 Channel Youtube Bertema Pendidikan

Halo, teman-teman! Gimana nih kabarnya? Semoga sehat-sehat selalu ya!

Beberapa tahun ini, acara-acara pendidikan di Indonesia mulai tergusur posisinya oleh sinetron-sinetron yang ceritanya seputar percintaan remaja, azab, dan peristiwa-peristiwa mistis. Hal tersebut terjadi karena umumnya acara-acara pendidikan sudah mulai sepi peminat di televisi. Tapi, teman-teman ga perlu khawatir! Acara-acara tersebut ga sepenuhnya hilang. Teman-teman  masih dapat menyaksikan acara-acara pendidikan favorit teman-teman di YouTube. Selain itu teman-teman juga dapat menemukan acara-acara pendidikan lainnya. Nah berikut gue mau ngasih beberapa acara pendidikan yang dapat teman-teman tonton di YouTube!

1. Kok Bisa

Image result for logo kok bisa
(sumber: Akun youtube Kok Bisa)

Pertama, ada Kok Bisa nih, guys! Kok Bisa merupakan salah satu kanal pendidikan yang ada di YouTube dan sudah ada sejak tahun 2015. Video-video dari kanal ini umumnya berbentuk animasi-animasi menarik. Pembahasan yang diberikan pun mudah untuk dimengerti meskipun topik yang dibahas cukup berat. Di jamin deh, sekali nonton, kalian bisa langsung ngerti. Menariknya, mereka juga sangat terbuka nih dengan pertanyaan teman-teman. Buat kalian yang ingin bertanya pada mereka, kalian bisa langsung cek ke akun resmi mereka ya!


           

2. Kurzgesagt - In a Nutshell

Image result for kurzgesagt logo
(sumber: reddit)

Kedua, ada Kurzgesagt In a Nutshell. Kanal ini kurang lebih sama seperti Kok Bisa. Bedanya, pembahasan di kanal ini menggunakan bahasa Inggris. Topik-topik yang diangkat juga cenderung lebih berat dan cenderung membahas hal seputar sains. Tapi, teman-teman ga perlu khawatir. Kurzgesagt tetap memberikan pembahasan yang mudah dipahami. Mereka juga telah menyediakan subtitle dari berbagi bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Buat teman-teman yang penasaran, langsung aja mampir ke kanal YouTube mereka ya!!


           

3. Film Riot

Image result for Film riot logo
(sumber: Akun YouTube Film Riot)

Ketiga, ada Film Riot. Kalau teman-teman suka banget sama film dan tertarik banget untuk bikin film sendiri, kanal ini sangat baik untuk ditonton. Film Riot memberikan banyak sekali pembelajaran seputar pembuatan film. Teman-teman bisa belajar cara pengambilan gambar yang baik, penggunaan lensa dan efeknya, dan juga belajar dasar-dasar dalam editing. Teman-teman juga dapat melihat film-film yang mereka buat untuk dijadikan contoh ketika kamu membuat film. Kalau tertarik, teman-teman bisa langsung mengunjungi kanal YouTube mereka ya!


            

4. SmarterEveryDay

Image result for smarterveryday
(sumber: twitter.com)

Keempat, ada SmarterEveryDay. Sama seperti Kurzgesagt, kanal ini banyak membahas hal yang berkaitan dengan sains. Namun, bila Kurzgesagt menggunakan animasi untuk memberi penjelasan, SmarterEveryDay memberikan contoh atau penerapan langsung. Kanal ini membahas sains secara menyenangkan dengan praktek-praktek menggunakan media yang cukup sederhana. Untuk teman-teman yang jiwanya praktik abis dan mempunyai rasa penasaran untuk mencoba sendiri, kanal ini sangat cocok untuk teman-teman jadikan referensi. Kanal ini juga telah dilengkapi dengan subtitle bahasa Indonesia, jadi teman-teman ga perlu khawatir karena ga paham bahasa Inggris ya!


           

5. Lines Production

(sumber: Lines Production)

Terakhir, ada satu kanal yang baru muncul, yaitu Lines Production. Lines Production ini merupakan kanal YouTube yang dibuat oleh kakak-kakak mahasiswa Penyiaran Multimedia Universitas Indonesia angkatan 2019. Lines Production berfokus pada pendidikan, khususnya untuk anak-anak. Meskipun baru terbentuk, saat ini Lines Production sudah mempunyai subscriber hingga 100 orang, lho! Lines Production juga belum lama ini mengupload video pertama mereka, yaitu "Petualangan Reon - Yuk Cuci Tangan!(Lagu Cuci Tangan)". Reon sendiri merupakan sesosok singa lucu yang memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Banyak yang bilang, Reon gemess bangettt. Buat kalian yang penasaran dengan konten terbaru mereka dan ingin tau cara cuci tangan dengan baik dan benar diiringi dengan musik yang menyenangkan, jangan lupa mampir ke kanal Youtube mereka ya, teman-teman!


          

Nah, demikian 5 program bertema pendidikan di YouTube yang gue rekomendasikan buat teman-teman. Semoga dengan adanya kanal-kanal tersebut, wawasan kita bisa semakin bertambah ya, teman-teman! Kalau teman-teman punya informasi lain, teman-teman boleh banget nambahin di kolom komentar ya! Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Komentar

Postingan Populer